Kisah Islami, Makanan Bergizi untuk Karakter Anak

kisah islam
Jika si Kecil sudah mulai belajar membaca tentu orang tua akan disibukkan dengan mencarikan bahan bacaan yang sesuai dengan usia dan perkembangan putra-putrinya. Hal ini memang bukan merupakan hal yang mudah karena saat ini memilih buku bacaan untuk anak tidak bisa hanya dengan melihat sampul buku secara sekilas dan membawanya ke rumah untuk dibaca si Kecil.

Kisah Islami Sebagai Bacaan Pertama Anak

Buku-buku bermutu seperti kisah islami dan mengandung unsur pendidikan dapat diumpamakan sebagai makanan bergizi bagi pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan dan pembentukan karakter anak, sebaliknya buku-buku yang tidak sesuai bagi anak dapat meracuni dan membawa dampak negatif. Sebagai orang tua muslim disarankan untuk menyediakan bacaan berupa kisah Islami yang dapat menjadi teladan yang baik bagi putra-putri Anda.

Buku bacaan yang sebaiknya tidak dikonsumsi anak

Selain berkewajiban memberikan bahan bacaan yang bermutu, orang tua juga hendaknya berhati-hati dalam memilih buku untuk anak, karena ada beberapa kriteria buku yang tidak baik bagi anak.
  • Berisi adegan romantis atau percintaan yang belum sesuai dengan usia anak sehingga menimbulkan kebingungan.
  • Terdapat gambar ilustrasi yang menakutkan, menjijikkan, atau samar. Hal ini dapat membayangi anak yang bisa terbawa menjadi mimpi buruk atau membuat anak menjadi penakut.
  • Pada cerita terdapat kata-kata kotor atau umpatan yang bisa ditiru oleh anak.
  • Cerita tersebut mengisahkan seorang tokoh yang sangat nakal atau jahat tetapi justru mendapatkan keberuntungan atau kemenangan di akhir cerita.
  • Material buku terbuat dari bahan yang runcing atau tajam yang bisa melukai jari si Kecil.
Nah, daripada bingung, sebaiknya Anda memilihkan kisah Islami sebagai bacaan pertama buah hati Anda. Selain akan membuat putra-putri Anda lebih mudah belajar membaca, buku-buku dengan tema agama dapat menjadi sarana untuk membentuk karakter baik mereka.

Tokoh-tokoh Islam dan orang-orang saleh yang menjadi tokoh utama dalam cerita akan menjadi idola dan teladan yang bisa mereka tiru dalam kehidupan sehari-hari. Anda dapat memilih kisah-kisah Islami tentang para nabi, pahlawan Islam, atau tokoh ilmuan-ilmuan Islam.

Pencarian lainnya : kisah islami penuh hikmah, kisah islami motivasi, kisah islami cerita, kisah islami nabi, kisah islami untuk anak anak, kisah islami menyentuh hati, kisah kisah islami tvri, kumpulan kisah islami.