Masuk Islamnnya Umar Bin Khattab: Hidayah Bagi Sang Jawara

islam
Umar bin Khattab adalah salah satu dari 4 sahabat nabi yang sangat dicintai oleh Rasulullah walaupun pada saat sebelum masuk Islam Umar adalah seseorang yang berwatak keras dan sering berbuat kasar kepada kaum muslimin dan merupakan jawaran di antara kaumnya. Walaupun Umar mengatakan bahwa ia membenci Rasulullah dan berniat membunuhnya, sesungguhnya dalam hati kecilnya ia merasakan kebenaran yang dibawa oleh cahaya Islam dan merasa bahwa Islam membawa kemuliaan daripada keyakinan turun temurun yang dipeluk warisan dari nenek moyangnya.

Masuk Islamnya Umar

Sebelum masuk Islam, tersentuhnya kalbu Umar oleh hidayah bermula dari beredarnya kabar bahwa Fatimah, adik perempuan Umar dan suaminya telah beriman kepada Allah. Pada suatu malam ia mendatangi rumah adik dan iparnya dengan amarah menggelegak. Di rumah itu, sang Adik dan suaminya sedang mempelajari Al-Quran bersama Khabbab bin Art, yang sangat terkejut melihat kedatangan Umar. Dengan gagah berani, Fatimah pun mengakui bahwa ia telah memeluk Islam sehingga Umar menghajarnya dan suaminya hingga berlumuran darah. 

Tetapi kemudian ia penasaran dengan isi Al-Quran dan mulai membacanya hingga tiba pada ayat yang berbunyi, “Sesungguhnya Aku ini Tuhanmu, tiada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka mengabdilah kepadaku dan dirikanlah Shalat untuk mengingatku.” (QS, Thaha:14). Bergetarlah hati Umar dan segera mencari Rasulullah untuk mengikrarkan keyakinannya yang baru. Setelah Umar masuk Islam, seluruh hadirin yang menyaksikan peristiwa tersebut menyambut dengan takbir hingga terdengar suaranya sampai Masjidil-Haram.

Doa Nabi Muhammad

Salah satu penyebab datangnya hidayah dari Allah SWT kepada Umar adalah berkat doa Nabi Muhammad. Pada suatu malam kamis, Nabi berdoa, “Ya Allah Ya Rabb, muliakanlah Islam melalui salah seorang dari dua yang lebih Engkau cintai: Umar bin Khattab atau Abu Jahal bin Hisyam”. Ternyata Allah menetapkan bahwa yang mendapat hidayah adalah Umar bin Khattab.

Berita Umar masuk Islam disambut dengan suka cita oleh kaum muslimin dan sebaliknya kegentaran oleh kaum kafir karena sosok yang telah terkenal kebengisannya itu sekarang berdiri di depan Nabi dan siap membela beliau dengan nyawanya.

Pencarian terkait : masuknya islam ke indonesia ppt, teori masuknya islam ke indonesia, makalah masuknya islam ke indonesia, masuknya islam ke indonesia melalui perdagangan, bukti masuknya islam ke indonesia, kerajaan islam di indonesia, perkembangan islam di indonesia, tahun masuknya islam ke indonesia.