Pendeta Masuk Islam Karena Hidayah Allah

pendeta masuk islam
Memeluk suatu agama atau keyakinan tertentu atau bahkan berpindah keyakinan tentu merupakan hak asasi manusia yang tidak dapat dipertentangkan oleh siapapun, termasuk ketika pendeta masuk Islam. Hal ini dialami oleh David Benjamin Keldani yang dulu adalah seorang pemimpin tertinggi agama Katolik, yaitu imam Katolik Roma dari sekte Uniate – Chaldean lulusan ilmu teologi dan filsafat yang ditugaskan di Iran. Didikan agama Katolik sejak kecil rupanya tak kuasa membentengi kalbu sang mantan pendeta untuk mendapatkan cahaya Islam.

Pendeta senior berprestasi

David Benjamin Keldani dilahirkan di Persia pada tahun 1867 dan telah disiapkan untuk menjadi pendeta sejak usia dini hingga akhirnya melanjutkan pendidikannya sampai ke Roma Italia. Setelah bertugas sebagai pendeta ia banyak menghasilkan tulisan tentang keagamaan pada banyak media. Puncak prestasinya adalah ketika ia dikirim ke Prancis untuk mewakili organisasi Katolik di daerah timur dalam sebuah kongres.

Hidayah datang saat pensiun

Di masa pensiunnya dari tugas sebagai pendeta, ia mulai mengalami pertentangan batin yang dipicu oleh perselisihan antar sekte agama Katolik yang sampai menimbulkan tragedi berdarah. Dari keprihatinan itu ia mulai mempertanyakan keaslian kitab suci, bahkan Tuhan yang diimaninya sejak kecil. Di sebuah vila di Digala, ia mempelajari kembali kitab sucinya kemudia berkontemplasi untuk menemukan jawaban dari keraguannya selama ini.

Suatu saat di tahun 1900-an, sang mantan pendeta melakukan perjalanan ke Istanbul Turki dan berkenalan dengan Jemaluddin Efendi, seorang ulama Islam. Lewat ulama ini, David dibimbing untuk mengenal Islam lewat dialog-dialog panjang dan intens. Setelah beberapa waktu, David pun mantap mengganti keyakinan dan namanya menjadi Abdul-Ahad Dawud.

Setelah memeluk Islam, ia pun menjadi muslim yang taat dengan terus-menerus memperdalam pengetahuannya tentang Islam dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tak henti-hentinya ia bersyukur atas karunia ini sehingga merasakan kedamaian dan ketenangan di sisa usianya dalam cahaya Islam.

Berdasarkan kisah di atas, pendeta masuk Islam bukanlah hal yang mustahil jika hidayah Allah telah menyinari hati umat yang dipilih-Nya.

Pencarian terkait:  pendeta masuk islam muhammad yahya, ceramah pendeta masuk islam, kisah pendeta masuk islam, debat islam vs kristen.