Sejarah Peradaban Islam di Indonesia

Sejarah peradaban Islam
Pada saat ini, Indonesia memang diketahui sebagai negara dengan jumlah pemeluk Islam yang terbesar di dunia. Namun dahulu sebelum abad ke-7, masyarakat Indonesia masih memeluk kepercayaan Hindu, Budha, atau kepercayaan kepada nenek moyang. Sejarah peradaban Islam di Indonesia dimulai di daerah pesisir, di mana para pedagang dari Timur Tengah yang singgah ke tanah air. Selain  itu, sikap terbuka dalam menerima kepercayaan dan ajaran baru juga mempercepat penyebaran agama Islam di Indonesia.

Sejarah Peradaban Islam: Masuknya Islam di Indonesia

Indonesia yang telah termasyur sebagai negara penghasil rempah-rempah menyebabkan banyak pedagang-pedagang Arab singgah di Pantai Barat Sumatera dan Selat malaka yang menghubungkan Imperium Timur. Pedagang Arablah yang saat itu menguasai jalur perdagangan barat dan timur.

Terdapat dua pendapat tentang awal Sejarah peradaban Islam di Indonesia.  Pendapat yang pertama mengatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke 13 Masehi oleh sarjana barat N.H Krom dan Van Den Berg. Tetapi pendapat kedua yang dikemukakan oleh H. Agus Salim, M. Zainil Arifin Abbas, Buya Hamka, dan lain-lain justru mengatakan bila Islam masuk ke tanah air pada abad ke-7. Pendapat kedua ini juga mendapat persetujuan dari ilmuan barat, Thomas W Arnold dalam bukunya yang berjudul  “The Preaching Islam”.

Data  Tentang Masuknya Peradaban Islam ke Indonesia

Berdasarkan diskusi yang dilangsungkan di Medan pada tahun 1963 tentang awal Sejarah peradaban Islam di Indonesia, telah disimpulkan hal-hal sebagai berikut,

  • Daerah penyebaran Islam yang pertama kali adalah di pantai Sumatra dan setelah terbentuk masyarakat Islam, raja Islam yang pertama berada di Aceh. Oleh karena itu Aceh mendapat julukan Serambi Mekah.
  • Setelah banyak  orang Indonesia yang memeluk agama Islam, selanjutnya ikut aktif dalam menyebarkan agama Islam.
  • Selain berdagang, mubaligh-mubaligh Islam juga merantau keluar dari daerah asli mereka dalam misi menyebarkan agama Islam.
  • Syiar Islam di Indonesia dilakukan dengan jalan damai tanpa perang atau kekerasan.

Sejarah peradaban Islam di Indonesia menunjukkan bahwa Islam berkontribusi besar dalam membawa kecerdasan dan membentuk kebudayaan yang tinggi dalam membentuk kepribadian bangsa.