Cerita Anak Islami Untuk Mengajari Anak Bersedekah

cerita anak islam bersedekah
Menanamkan kebiasaan bersedekah pada anak usia dini memang bukan hal yang mudah, tetapi Anda dapat membiasakan karakter baik ini dengan membacakan cerita anak Islami yang berhubungan dengan sedekah. Cerita-cerita tersebut dapat Anda peroleh dari buku cerita anak, atau bahkan Anda unduh secara gratis di internet. Seperti contohnya cerita berikut ini.

Cerita anak Islami dan Pahala dari sebuah sedekah

Alkisah pada jaman dahulu ada seorang saudagar yang  didatangi oleh pengemis. Si pengemis berkata bahwa ia meminta sedekah bagi anak istrinya berupa 10 potong roti, 5 potong daging, dan uang 2 dirham. Saudagar itu mengatakan agar pengemis datang pada waktu setelah dhuhur dan pengemis pun datang untuk menagih janji setelah waktu dhuhur. Ternyata si Saudagar kembali berdalih dan meminta pengemis untuk datang di waktu setelah asar, dan sudah dapat ditebak bahwa setelah waktu asar tiba, saudagar pun tidak memberikan apa-apa kepada pengemis.

Dengan hati kecewa pengemis pun pulang dan dalam perjalanan ia bertemu dengan orang lain. Dengan mengiba, pengemis meminta sedekah kepada orang ini dan mengatakan bahwa keluarganya membutuhkan makanan pada hari itu. Tanpa berpikir panjang orang tersebut segera memenuhi kebutuhan pengemis. Dengan hati girang pengemis pun pulang kepada keluarganya.

Cerita anak Islami ini berlanjut dengan mimpi si Saudagar. Dalam mimpinya pada malam itu ia melihat sebuah istana yang terbuat dari emas, permata, dan batu-batuan berharga. Dalam mimpinya ia mendengar sebuah suara bahwa seandainya ia memenuhi permintaan pengemis yang datang ke rumahnya siang tadi maka istana tersebut akan menjadi milikny, tetapi sekarang justru menjadi milik orang lain. Menyesallah si Saudagar yang menahan hartanya untuk membantu saudaranya sehingga ia urung mendapatkan pahala dari sedekah kepada pengemis itu. 

Membacakan cerita anak islami kepada Si kecil

Setelah membacakan cerita anak Islami itu, Anda dapat menyisipkan nasehat bahwa sebagai umat muslim kita tidak boleh menumpuk-numpuk harta melainkan harus mau berbagi dengan orang lain terutama orang yang membutuhkan. Sebagai wujud nyata bersedekah, ajaklah si Kecil ke panti asuhan atau lembaga sosial lain dan memberi bingkisan kepada mereka. Jadi, cerita anak islami bukanlah sekedar teman menjelang tidur bagi anak; namun, ada makna-makna positif yang bisa anda disisipkan untuk membentuk karakter anak.

Pencarian terkait: cerita anak sebelum tidur, cerita anak islami bergambar, cerita anak bergambar, cerita islami untuk anak, cerita anak islami lucu, cerita pendek anak islami, kumpulan cerita anak islami, cerita anak islami sebelum tidur.