Berdakwah Dengan Puisi Islami

puisi islam
Siapa yang tidak kenal dengan Taufik Ismail? Sastrawan yang satu ini memang mendedikasikan karya-karya sastra terutama puisinya sebagai salah satu sarana untuk berdakwah. Untaian-untaian kalimat karya beliau sangat menggetarkan hati dan membawa kesadaran akan nilai-nilai keislaman.

Tak heran jika beberapa puisi karya Taufik Ismail pun digubah menjadi lagu dan juga dinyanyikan oleh grup penyanyi religi senior Bimbo. Hal ini menunjukkan bahwa selain dengan lisan atau ceramah, nilai-nilai religi Islam dapat disampaikan dengan sarana lagu islami, puisi islami, cerita islami dan sebagainya.

Puisi Islami sebagai media dakwah

Dalam dakwah terdapat suatu istilah yang disebut “bil hikmah” yang dapat diterjemahkan dengan menyampaikan dakwah dengan arif dan bijaksana, sehingga metode penyampaian dakwah pun dapat bermacam-macam tergantung dari kelompok orang yang hendak didakwahi. Dalam puisi yang memang ditujukan untuk berdakwah, sastrawan atau Ustadz akan menyeru kepada para pembaca tentang nilai-nilai Ketuhanan dan keagamaan yang disampaikan dalam bentuk puisi. Dalam dakwah, puisi islami digunakan untuk menyentuh nurani umat untuk mengingatkan mereka dalam hubungannya dengan Tuhan.

Sarana berdakwah dengan puisi ini tentu merupakan hal yang sah karena dalam Islam tidak ada aturan yang menentukan tentang metode berdakwah. Dalam aturan agama hanya disebutkan bahwa dakwah atau ajaran agama harus disampaikan dengan cara yang santun, baik, tidak memaksa, dan harus dilakukan dengan keindahan. Seni dan Islam sama-sama mengajarkan tentang keindahan, sehingga tidak ada salahnya mengekspresikan nilai-nilai keislaman melalui puisi.

Teladan dakwah melalui seni

Berdakwah dengan sarana kesenian sebenarnya bukan merupakan hal yang baru dalam perkembangan Islam di tanah air. Dahulu untuk menyebarkan agama Islam di tanah Jawa, Sunan Kalijaga, salah satu tokoh penyebar agama Islam yang termasyur telah menggunakan kesenian untuk menarik minat umat agar mau mempelajari Islam.

Lagu Lir Ilir adalah salah satu contoh karya beliau yang berupa lagu dolanan atau lagu anak-anak namun penuh dengan kiasan yang mempunyai makna keagamaan yang dalam. Kita juga mengenal tokoh sastrawan Islam Jalaludin El Rumi yang melukiskan kecintaannya kepada Allah dalam bait-bait puisi islami yang terkenal hingga saat ini.

Topik terkait : puisi islami pendek, puisi islami tentang cinta, puisi islami untuk ibu, puisi ibu, puisi ramadhan, pantun islami, kata mutiara islami.