Pendidikan Dalam Dunia Islam

dunia islam
Agama Islam sangat mengutamakan pendidikan dan memberikan perhatian besar terhadap pendidikan. Banyak sekali ayat dalam kitab suci Al Quran berisi tentang pendidikan dan kemuliaan orang yang berilmu dan diangkat setingkat derajatnya. Allah SWT bersabda bahwa orang berilmu tentu berbeda dengan orang yang tidak berilmu karena hanya orang yang berilmulah yang takut kepada Allah.

Sejak dahulu dunia Islam dan pendidikan memang dua hal yang tak terpisahkan. Ayat pertama yang turun kepada Rasullullah pun isinya perintah untuk “membaca” yang dapat diterjemahkan dengan mempelajari kebesaran dan karunia Allah di dunia ini dengan ilmu agar keimanan kita semakin bertambah.

Dunia Islam dan Falsafah Pendidikan dalam

Rasullah SAW dalam hadistnya mengatakan bahwa siapapun umat Islam yang keluar rumah dengan tujuan mencari ilmu maka ia bisa disamakan berada di jalan Fi Sabilillah hingga saat pulangnya nanti. Dalam mencari  ilmu Rasulullah juga berpesan untuk berjuang bahkan jika ilmu itu harus dituntut di tempat yang jauh dari kampung halaman kita.

Dengan demikian, terbukti bahwa Islam adalah sumber dari konsep pendidikan dan menuntut ilmu adalah perintah dalam agama. Selain itu pendidikan adalah salah satu faktor untuk memajukan tanah air kita. Dengan ilmu kita akan dapat memanfaatkan potensi alam yang terdapat di Indonesia sehingga kita bisa menjadi bangsa yang mandiri dan berdiri kokoh dengan kemampuan sendiri.

Para ilmuan dalam dunia Islam

Tidak hanya bangsa barat yang mempunyai penemu-penemu bertingkat dunia. Dalam dunia Islam pun kita mempunyai para cendekiawan muslim yang telah menyumbangkan penemuan mereka bagi perkembangan ilmu pengetahuan di dunia. Tokoh-tokoh tersebut adalah, Ibnu Sina, seorang dokter yang menulis kitab Al-Qanun yang isinya masih digunakan sebagai referensi dalam dunia kedokteran modern.

Al Biruni, seorang muslim jenius yang ahli dalam bidang kimia, matematika, kedokteran, filsafat, dan sebagainya. Al Khawarizmi atau yang lebih dikenal sebagai Bapak Al Jabar yang menemukan berbagai operasi matematika. Abu Al  Zahrawi yang menemukan cara pengobatan tulang patah dengan gips.  Al Razi adalah ahli matematika sekaligus kedokteran yang menemukan cara mengobati penyakit cacar. Jadi sesungguhnya, dunia Islam tidaklah kalah dari sektor apapun dibanding dunia Barat.

Pencarian terkait: sejarah dunia islam, berita dunia islam, dunia islam baru, misteri dunia islam, keajaiban dunia islam, melayu dunia islam.