Syarat Untuk Menyampaikan Dakwah Islam

dakwah islam
“Sampaikanlah walaupun hanya satu ayat” memang merupakan ajaran dari Islam untuk menyebarkan kemuliaan kepada orang lain melalui dakwahIslam. Sayangnya sekarang ini banyak sekali fenomena pendakwah yang menjadi selebriti dan menampilkan gaya hidup yang tidak terlalu sesuai bagi profesinya. Hal ini memang salah satu dampak perkembangan teknologi sehingga penampilan pendakwah-pendakwah muda ini dengan mudah menyebar melalui media sehingga popularitas dan kadang fitnah mudah pula  mengenai mereka.

Untuk menyampaikan dakwah islam sesungguhnya ada syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh orang yang bersangkutan agar dakwah tersampaikan dengan efektif dan ilmu yang disampaikan juga benar sehingga tidak membawa kesesatan bagi umat.

Dalam berdakwah tidak diperkenankan kreativitas yang tidak sesuai dengan syariat atau sunnah. Seorang pendakwah selayaknya membekali diri sedalam-dalamnya dengan ilmu agama agar yang ia sampaikan mempunyai pemahaman yang benar tanpa keraguan. Selain itu ia juga harus mengetahui kondisi umat yang hendak ia hadapi, serta ilmu tentang cara-cara berdakwah agar pesan yang ia sampaikan bisa tiba kepada umat secara efektif.

Syarat-syarat menjadi seorang pendakwah

Kompeten dalam keilmuan
Seseorang yang bertugas menyampaikan dakwah islam harus mempunyai kompetensi keilmuan yang memadai agar dia memahami apa yang ia sampaikan dan dapat membuat umat yang didakwahinya menjadi paham.

 Dapat menjadi teladan
Seorang pendakwah harus dapat menjadi teladan bagi umat dengan terlebih dahulu mengamalkan nilai-nilai yang didakwahkannya dalam kehidupan pribadinya sendiri. Keteladanan inilah yang membuat umat mencintai pendakwah sehingga acara dakwah bukan melulu menonjolkan hiburan melainkan benar-benar mengajak masyarakat dalam jalan agama yang lurus.

 Kompetensi sosial
Yang dimaksud dengan kompetensi sosial disini adalah masyarakat bisa mengakui dan mempercayai keluasan ilmu dan kompetensi seorang pendakwah. Seorang Ustadz kedudukan sosialnya sesuai dengan kedalaman pemahamannya pada bidang agama, inilah yang membedakan antara seorang pendakwah sejati dan polesan.

Memang tidak mudah untuk menjadi orang yang dipercaya oleh masyarakat untuk menyampaikan dakwah islam, tetapi ini sungguh merupakan tugas mulia untuk diemban oleh seluruh kaum muslimin. Seorang pendakwah juga tak selayaknya menetapkan tarif atas ceramah yang ia lakukan, InsyaAllah siapa yang menolong agama Allah maka Allah akan meneguhkan kedudukannnya di muka bumi serta diberikan kepadanya pahala yang besar.

Pencarian terkait: contoh dakwah islam singkat, dakwah islam mp3, contoh dakwah islam, teks dakwah islam materi dakwah islam, dakwah islam singkat, dakwah islam bahasa sunda, dakwah islam tentang kesabaran.