Info Haji – Tata Cara Melaksanakannya

Info Haji
Seperti yang diketahui kalau perintah untuk menunaikan haji bagi yang mampu terdapat pada rukun islam yang kelima. Untuk itulah info haji terus saja dicari oleh para jamaah yang ingin menunaikannya. Ibadah tersebut dilaksanakan dengan berkunjung dan mengerjakan beberapa kegiatan di tempat tertentu di Arab Saudi di bulan Zulhijah. Seluruh umat dari seluruh belahan dunia berkumpul di tempat yang sama untuk mencari keridhoan Allah SWT. 


Untuk itulah pada ulasan ini akan membahas info haji mengenai tata caranya, yaitu :
·                Mengerjakan Ihram Dari Miqat
Pelaksanaannya dapat dilakukan pada bulan syawal yaitu mandi sunnah, berwudhu seperti ingin mengerjakan sholat, kemudian mengenakan ihram. Adapun niat yang diucapkan, adalah :
“Labbaik Allâhumma hajjan”
Artinya : Aku datang memenuhi panggilanmu Ya Allah, untuk berhaji.
Kemudian anda menuju Arafah dengan bacaan talbiah :
“Labbaik Allâhumma labbaik, labbaik lâ syarĭka laka labbaik, inna al-hamda, wa ni’mata laka wa al-mulk, lâ syarĭka laka”
·                Wukuf Di Arafah
Untuk info haji selanjutnya yakni wukuf yang dikerjakan tanggal 9 Zulhijah setelah matahari terbenam hingga tanggal 10 Zulhijah terbit fajar
·                Mabit di Muzdalifah
Untuk melempar jumrah di Mina, ambillah batu dengan kisaran 49 hingga 70 buah. Saat menuju kesana, anda dapat berhenti di Muzdalifah untuk berzikir serta memanjatkan doa.
·                Melempar Jumrah ‘Aqabah
Pelaksanaan pelemparan jumrah sebanyak 7 buah yaitu di bukit Aqabah, oleh karena itu penamaannya menjadi jumarah ‘Aqabah. Dikerjakan pada tanggal 10 Zulhijah. Setelah itu disyariatkan untuk menyembelih hewan kurban
·                Tahalul
Saat mengerjakan tahalul, anda diwajibkan untuk memotong/ mencukur rambut minimal tiga helai, kemudian ihram dapat dilepaskan. Ketika melaksanakan haji tidak diperbolehkan berhubungan suami istri dan membunuh binatang. Disunahkan mencium hajar aswad serta shalat sunah 2 rakaat di dekat makam Nabi Ibrahim as dan memanjatkan doa di Multazam. Lalu mengerjakan Sa’I diantara bukit Shafa dan Marwa serta dilanjutkan mengerjakan tahalul kedua
·                Mabit di Mina
Dilaksanakan di hari tasyrik. Di hari tersebut, jamaah melemparkan jumrah tujuh kali
·                Tawaf Ifadah
Sebelum pulang, anda dapat melakukan tawaf wada.

Itulah info haji ketika menunaikannya. Dalam pelaksanaannya harus benar, karena tentu akan sia-sia sudah terbang jauh, waktu dan biaya jika anda salah dalam melakukannya. Semoga bermanfaat.