Tata Cara Melaksanakan Ibadah Umroh

Umroh
Semua orang muslim pasti ingin pergi ke Makkah untuk melaksanakan ibadah. Seperti perintah untuk melaksanakan umroh terdapat di Al – Qur’an dan Hadist, yaitu :
Al – Baqarah : 196

وَأَتِمُّواالْحَجَّ وَالْعُمْرَةَ لِلهِ
Artinya : Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah

Aisyah Bertanya :

قُلْتُ يَا رَ سُولَ اللهِ عَلَى النِّسَاءِجِهَادٌقَالَ >> نَعَمْ عَلَيْهِنّٰ خِهَادٌلَاقِتَالَ فِيْهِ الْحَجُّ وَالْعُمْرَةُ >>

Artinya : “ Wahai Rasulullah, apakah wanita juga wajib berjihad?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “ Iya, Dia wajib berjihad tanpa ada peperangan di dalamnya, yaitu dengan haji dan ‘umroh” (HR. Ibnu Majah no 2901) Hadits tersebut shahih sebagaimana perkataan Syaikh Al Albani.

Tata cara melaksanakan umroh :
·                Ihram Dari Miqat
Pertama yaitu mandi dan mengusapkan minyak wangi ke tubuh. Jika ihram kena, maka lekas dicuci. Tidak diperbolehkan mengenakan pakaian berjahit, hanya memakai kain putih, selendang dan sandal. Untuk wanita, dianjurkan untuk mandi meskipun sedang haid dan menggunakan pakaian yang dikehendaki tapi wajib memenuhi syarat hijab, sehingga tidak menujukkan/ memperlihatkan sesuatu pun dari bagian tubuhnya, tidak mengenakan perhiasan, tidak menyerupai pria dan tidak membubuhkan tubuhnya dengan minyak wangi.
·                Setelah Sampai Di Masjidil Haram
Sebaiknya menginjakkan kaki kanan dan melafazkan doa ketika masuk ke dalam Masjid.
“Dengan nama Allah, semoga shalawat dan salam dicurahkan kepada Rasulullah. Ya, Allah, bukakanlah untuknya pintu-pintu rahmatMu”. “Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Agung dan dengan WajahNya Yang Maha Mulia serta KekuasaanNya Yang Maha Azali dan setan yang terkutuk”
·                Thawaf Dari Hajar Aswad
Ucapkanlah Allahu Akbar (Allah Maha Besar) kemudian usap hajar aswad lalu dicium. Tapi jangan berdesakan untuk meraihnya, ada dapat memberikan isyarat kepada hajar aswad menggunakan tangan sekali isyarat. Ulangilah kegiatan setiap putaran thawaf. Melakukan thawaf tujuh kali putaran  dengan Ka’bah ada disebelah kiri. Kemudian melakukan raml (jalan dengan cepat tapi memendekkan langkah) di tiga putaran pertama dan berjalan biasa di putaran selanjutnya. Di seluruh thawaf yang dikerjakan melakukan idhthiba (menaruh pertengahan kain selendang di bawah pundak kanan lalu ujungnya di atas pundak kiri). Raml dan idhtiba itu dikhususkan untuk laki-laki dan dikerjakan thawaf pertama.
·                Setelah Melakukan Putaran Ketujuh
Ketika mendekati hajar aswad, pundak kanan ditutup lalu menuju makam Nabi Ibrahim as, sholat sunnah dua rakaat
·                Minum Air Zam-zam
Menuangkan air zam-zam ke atas kepala dan bila memungkinkan, menuju hajar aswad kemudian diusapkan
·                Ke Bukit Shafa
Naik ke bukit Shafa, menghadap Ka’bah, melakukan takbir tiga kali dan mengucapkan “Tiada sesembahan yang haq melainkan Allah semata, tiada sekutu bagiNya, hanya bagiNya segala kerajaan dan hanya bagiNya segala puji dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Tiada sesembahan yang haq melainkan Dia, tiada sekutu bagiNya, yang menepati janjiNya, yang memenangkan hambaNya dan yang menghancurkan golongan-golongan (kafir) dengan tanpa dibantu siapa pin”
·                Sa’I Antara Shafa & Marwah (berlari kecil)

Demikian informasi mengenai umroh. Semoga anda yang ingin menunaikannya dipermudah dalam melaksanakannya. Ibadah ini dapat dikerjakan sewaktu-waktu tidak seperti haji yang hanya di bulan Dzulhijah saja.