Makalah Agama Islam Tentang Metode Pengajaran

Makalah Agama Islam
Dalam ringkasan makalah agama Islam, ada beberapa faktor yang mempengaruhi pemilihan metode pengajaran agama Islam. Tenaga pendidik memang sangat penting untuk dapat mengetahui dan memilih metode pengajaran agama Islam karena hal ini akan mempengaruhi efektifitas dan efisiensi pengajaran di dalam kelas. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pemilihan metode pengajaran tertentu oleh guru.

Makalah Agama Islam tentang Pendidikan

Secara garis besar, makalah agama Islam tentang pendidikan agama Islam adalah sebuah sistem yang dapat mengarahkan siswa untuk menempuh kehidupannya sesuai dengan syariat Islam.  Pendidikan agama Islam juga merupakan proses pengembangan diri sesuai fitrah manusia yang diciptakan dengan tujuan agar tumbuh dengan kepribadian mulia dan berbudi luhur demi mewujudkan tujuan penciptaannya yaitu menjadi hamba Allah dan beribadah kepada Allah termasuk membangun hubungan yang baik dengan sesama manusia.

Faktor yang mempengaruhi metode pengajaran

Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi pemilihan metode pengajaran Pendidikan Agama Islam seperti dibahas dalam makalah agama Islam:


Siswa
Kematangan dan jumlah siswa dalam kelas sangat jelas mempengaruhi pemilihan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. Perilaku siswa akan mempengaruhi suasana kelas dan semakin banyak siswa yang diajar dalam satu kelas maka kegaduhan juga akan semakin sering terjadi sehingga pengelolaan kelas menjadi lebih susah.
Tujuan pembelajaran
Dalam memilih metode pengajaran dalam kelas guru harus menyinkronkannya dengan tujuan pembelajaran. Metode pengajaran harus menjadi sarana terciptanya tujuan pengajaran.
Situasi belajar
Agar tidak menimbulkan kebosanan saat belajar, dalam makalah agama Islam tentang memilih metode pengajaran, guru boleh menciptakan situasi yang berbeda asalkan relevan dengan materi yang diberikan, misalnya belajar di kelas atau di alam terbuka, apakah belajar secara individu atau secara kelompok.
Fasilitas; merupakan kelengkapan untuk menunjang proses pengajaran juga akan menjadi faktor yang mempengaruhi metode yang dipilih oleh guru. Fasilitas yang memadai tentu akan memudahkan guru untuk menyampaikan materi kepada siswa.

Selain itu, latar belakang pendidikan dan karakter guru juga merupakan faktor yang penting dalam memilih metode pengajaran. Guru-guru yang memang telah dibekali dengan ilmu pengajaran tentu akan memiliki kompetensi lebih dalam mentransfer ilmu kepada siswa daripada guru yang hanya mempelajari materi keilmuannya saja.