Kajian Islam dan Urgensi Mengikutinya Secara Teratur

kajian islami
Mempelajari dan memperdalam agama adalah salah satu kewajiban kita sebagai umat muslim, dan hanya dengan ilmulah seorang muslim dapat mengamalkan agamanya dengan cara yang benar sesuai tuntunan. Tidak heran dalam salah satu kitab tulisannya, Imam Bukhari menulis sebuah bab tentang kewajiban menuntut ilmu sebelum beramal. Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk memperdalam ilmu keislaman kita adalah dengan mengikuti kajian Islam yang banyak diselenggarakan di berbagai tempat, baik di masjid, di kantor, bahkan secara online melalui internet.

Kajian islam untuk memperkuat akidah

Mengikuti kajian Islam menjadi sangat penting karena kita hidup di zaman saat dosa, fitnah, dan maksiat merajalela sehingga kita harus membentengi diri dengan memperkuat akidah agar tak hanyut terbawa arus kemaksiatan yang “bertopeng” kemajuan zaman itu. Sebagai manusia yang lemah, seorang muslim akan mudah terbawa oleh pengaruh syahwatnya bila ia enggan memperdalam agamanya.

Kajian Islam tidak memperpanjang daftar dosa!

Orang-orang yang kehilangan minat untuk mempelajari atau membaca kajian Islam sering mengelak dengan alasan takut untuk mengetahui lebih lanjut tentang suatu perkara, karena bila tidak tahu ia akan terbebas dari dosa. Atas alasan tersebut tentu harus dibedakan antara “tidak tahu”, dan “tidak mau tahu”, karena keengganan untuk belajar dan mencari tahu pun bukannya tidak mendapatkan balasan dosa.

Seseorang akan mendapatkan ampunan bila ia tidak tahu karena belum pernah mempelajari suatu perkara karena ilmu belum sampai kepadanya dan belum pernah ada yang mengajarinya. Sedangkan “tidak ingin tahu” adalah ia mempunyai banyak akses untuk mempelajari suatu ilmu tetapi enggan melakukannya.

Kajian Islam untuk Membentengi diri

Untuk melawan pengaruh dari luar ataupun dari dalam diri kita untuk berbuat maksiat, maka satu-satunya hal yang dapat kita lakukan adalah dengan terus belajar. Memperdalam ilmu agama akan membuka wawasan, hati, dan mata kita sehingga kita semakin tahu harus melangkah kemana dalam menjalani hidup. Rajin mengikuti kajian Islam akan membuat kita lebih mengerti bagaimana cara terbaik untuk beribadah, yang mana yang tergolong perbuatan dosa, dan perbuatan apa yang disukai oleh Allah SWT.

Pencarian terkait: kajian islam online, kajian islam mp3, kajian islam untuk remaja, kajian islam tentang wanita, kajian islam radio rodja 756 am download, kajian islam radio rodja.