Menu Buka Puasa Yang Sehat

Menu Buka Puasa
Pada saat berpuasa, tubuh kita tidak mendapatkan asupan air maupun makanan selama lebih kurang 14 jam sehingga pada saat berbuka puasa hendaknya dipilih menu buka puasa yang sehat sehingga stamina kita tetap terjaga dan tetap dapat beraktifitas dengan baik. Dari segi kesehatan, waktu berbuka puasa adalah saat untuk mengembalikan energi dengan memberikan nutrisi yang tepat bagi tubuh kita. Pada saat terdengar adzan maghrib, usahakan untuk mengonsumsi minuman manis tetapi tidak bersumber dari gula pasir, seperti misalnya air kelapa muda, jus buah tanpa gula, dan sebagainya. Gula pasir akan berdampak pada kenaikan berat badan Anda dan dapat menimbulkan efek kurang baik bagi kesehatan.

Pada waktu berbuka nutrisi yang sebaiknya diasup adalah serat, karbohidrat, dan protein. Serat bisa diperoleh dari buah kurma yang telah menjadi hidangan wajib saat bulan ramadhan. Selain itu kurma juga dapat membuat badan kembali berenergi, dan dapat memaksimalkan fungsi syaraf dan otot karena kandungan potassiumnya yang tinggi. Selain serat, konsumsi juga karbohidrat kompleks yang bisa diperoleh dari nasi merah atau putih dan roti gandum yang dapat membuat tubuh lebih bertenaga. Sementara itu zat protein bisa Anda peroleh dari daging ayam tanpa kulit, telur, daging merah, atau ikan. Jika lebih memilih protein nabati, Anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan.

Contoh menu buka puasa sehat dan praktis
Agar tubuh mendapatkan asupan nutrisi secara maksimal pada waktu berpuasa, Anda bisa membuat menu buka puasa yang praktis dan sehat misalnya nasi merah dengan sup ayam yang dicampur sayuran, spaghetti dengan ikan tuna, dan salah sayur dengan minyak zaitun atau salad buah beraneka warna.

Jika lebih menyukai kuliner internasional sebagai hidangan berbuka, Anda bisa mencoba sandwich roti gandum yang dioles dengan selai kacang atau mentega rendah lemak. Untuk isiannya Anda bisa menambahkan tomat, selada, telur rebus, dan keju. Konsumsi buah-buahan dianjurkan sebelum menyantap hidangan utama agar nutrisi yang terkandung dapat diserap sempurna. Selamat menikmati menu buka puasa yang sehat!