Doa Sholat Tahajud – Doa Setelah Menunaikannya

Doa Sholat Tahajud
Sholat tahajud merupakan sholat sunah yang dilaksanakan di malam hari. Oleh sebab itu sering disebut sebagai shalat malam karena memang waktu pengerjaannya ketika kebanyakan orang sedang tidur. Pada ulasan di bawah terdapat doa sholat tahajud yang dibacakan setelah menunaikannya.

Berikut adalah doa sholat tahajud yang dibaca seusai mengerjakannya :


“Ya, Allah, Bagi – Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi – Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi – Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisi-ya. Bagi – Mu segala puji, Engkau benar, janji – Mu benar, firman – Mu benar, bertemu dengan – Mu benar, Surga adalah benar (ada), Neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari – Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar. Ya Allah, kepadamu – Mu aku pasrah, kepada – Mu aku bertawakal, kepada – Mu aku beriman, kepada – Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan – Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada – Mu (dan dengan ajaran – Mu) aku menjatuhkan hukum. Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengkahirkan, tiada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau”.

Setelah membaca doa sholat tahajud di atas, sebaiknya dilanjurkan dengan Istigfar.

اَسْتَغْفِرُاللهَ الْعَجِيْمَ, اَلَّذِي لاَ اِلٰهَ ا لاَّھُوَالْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَاَ تُوْبُ اِلَيْهِ

Artinya : Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung, yang tak ada Tuhan selain Dia. Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri sendiri, dan aku bertaubat kepada – Nya”

Seperti yang diketahui, terdapat beberapa waktu utama untuk pelaksanaan shalat ini, yaitu sepertiga pertama (kira-kira dari pukul 19.00 – 22.00), lebih utama di sepertiga kedua (kira-kira pukul 22.00 – 01.00) dan paling utama di sepertiga ketiga (01.00 hingga waktu subuh). Demikian ulasan tentang doa sholat tahajud. Semoga bermanfaat.