Manfaat Rutin Mendengarkan Ceramah Agama Islam

ceramah agama islam
Di jaman modern seperti sekarang ini, nilai-nilai agama seakan-akan telah luntur dari sendi-sendi kehidupan karena habisnya waktu mereka bekerja dan bekerja semaksimal mungkin untuk meraih ambisi keduniawian. Beberapa orang menganggap ritual-ritual ibadah yang hanya beberapa saat itu bahkan menambah ilmu agama dengan mendengarkan ceramah agama Islam justru menghabiskan waktu produktif mereka saat bekerja. Posisi puncak dalam karier, timbal balik berupa materi yang berlimpah, dan status sosial yang tinggi di mata masyarakat seakan telah menjadi candu yang memabukkan.

Tidak jarang rohani pun akhirnya kering dari siraman nilai-nilai Ketuhanan sehingga menjadi manusia-manusia rapuh yang tak kuat didera masalah, putus asa, atau memilih jalan pintas yang merugikan saat sedang terpuruk. Salah satu cara untuk kembali kepada fitrah kita adalah dengan berkumpul bersama orang-orang saleh dan mengembalikan hak nurani kita akan kebutuhannya untuk mendapatkan cahaya Ketuhanan. Mendengarkan nasehat baik dari ayat suci oleh ahlinya adalah salah satu cara untuk kembali merasakan ketenangan dalam hidup.

Manfaat mendengarkan ceramah agama Islam
  • Meningkatkan silaturahmi; dalam suatu majelis agama, kita akan bertemu dengan saudara-saudara kita sesama umat muslim sehingga hubungan dengan saudara-saudara kita akan semakin erat. Dikatakan orang yang menyambung persaudaraan akan dipanjangkan umurnya dan dilipatgandakan rezekinya.
  • Dapat meningkatkan iman dan takwa; iman dan takwa dalam hati akan meningkat jika kita rajin membersihkan hati dengan cara, membersihkan muka dengan air mata yang teringat dosa, membersihkan lidah dengan dzikir kepada Allah, membersihkan dosa dengan bertobat, dan membersihkan hati dengan bertakwa.
  • Mengingatkan diri sendiri; melalui ceramah agama Islam, kita akan selalu diingatkan untuk melaksanakan ibadah demi kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Jika akhirat yang menjadi prioritas kita dalam hidup maka secara otomatis dunia akan menjadi milik kita.
  • Menambah ilmu; dalam ceramah agama kita akan mendapatkan tambahan ilmu agama yang akan lebih menyempurnakan iman dan ibadah kita sehari-hari. Sangat penting untuk belajar agama langsung dari ahlinya bila kita sejak kecil menempuh pendidikan umum, karena tentang ilmu agama tidak dapat dipelajari sendiri.
Nah, dengan semakin seringnya kita mendengarkan ceramah agama Islam, akan semakin menambah wawasan dan ketakwaan kita kepada sang Khalik. Sebagai bekal untuk menuju ke masa depan yang lebih cemerlang.

Pencarian terkait: ceramah agama islam tentang ibu, teks ceramah agama islam, kumpulan ceramah agama islam, ceramah agama islam mp3, ceramah agama islam tentang sholat, ceramah agama islam tentang kematian, ceramah agama islam tentang puasa, ceramah agama islam singkat.