Lagu Islami untuk Kekuatan Lahiriah dan Batiniah

lagu islam
Lagu-lagu religi baik yang syairnya berbahasa Indonesia ataupun puji-pujian kepada Allah dan Rasul-Nya dengan aransemen musik modern tampaknya semakin banyak digemari. Karena itu semakin banyak saja penyanyi dalam negeri dan mancanegara yang mengkhususkan ekspresi seni mereka ke dalam jalur lagu islami. Mereka pun mempunyai penggemar yang tak kalah jumlahnya dengan musisi-musisi yang lain.

Musik sejak dahulu memang telah mempunyai ikatan yang kuat dalam kehidupan manusia. Bila dahulu musik-musik Islami hanya terbatas pada marawis, gambus, burdah, dan qasidah, sekarang lagu islami dan shalawat nabi bisa tampil dalam alunan aransemen musik jazz, pop, bahkan rock, yang digemari oleh anak muda.

Lagu Islami: Pengaruh Musik dan psikologi

Menurut para ahli kejiwaan, musik dan kondisi psikologi mempunyai kaitan yang erat. Oleh karena itu, dahulu bangsa Iran menggunakan musik sebagai terapi penyembuhan penyakit. Musik dapat merupakan ekspresi dari suasana hati dan karakter seseorang, dan musik juga berperan penting untuk mempengaruhi suasana hati manusia.

Di sinilah musik Islami berperan, yaitu mengubah suasana hati yang panas, emosional, dan tertekan oleh banyaknya masalah yang mendera menjadi penenang dan mengembangkan emosi positif. Lagu-lagu yang liriknya merupakan puji-pujian terhadap Allah dan Rasul-Nya juga akan membuat kita selalu mengingat dan menyuburkan cinta kita terhadap sang Pencipta dan kekasih-Nya.

Menenangkan Jiwa dengan lagu Islami

Para ilmuwan Islam membagi struktur manusia menjadi tiga bagian, yaitu Ar-ruh yang artinya adalah panas alami yang mengalir pada syaraf, otot, dan pembuluh darah dalam tubuh; An-nafs atau substansi yang berada di dalam tubuh tetapi berdiri sendiri, dan Al-jism yang tersusun dari unsur-unsur materi. Ar-ruh seorang yang beriman Islam mempunyai rasa cinta dan takut kepada Allah dan Rasulnya dan ini adalah sumber kekuatan seseorang tersebut.

Untuk semakin menguatkan batin, kita disarankan untuk sering mendengarkan atau membaca lantunan shalawat yang diiringi musik islami seperti diba’ dan hal ini akan juga berpengaruh pada kekuatan lahir kita. Hati yang selalu bershalawat, berdzikir, dan bertasbih akan merasa tenang, dan ketenangan akan mengusir stres pergi dari hati sehingga secara fisik kita pun akan lebih sehat. 

Topik terkait :  lagu islami mp3, lagu islami opick, lagu islami maher zain, lagu islami hadad alwi, download lagu islami arab, lagu islami ungu, lagu islami populer, lagu opick.