Sejarah Kebudayaan Islam dan Makna Dibalik Komponennya

sejarah budaya islam
Sebagai umat Islam kita memang berkewajiban untuk mempelajari segala hal tentang kepercayaan kita termasuk sejarah kebudayaan Islam atau sering disebut ilmu tarikh. Hal ini penting agar dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari peristiwa yang telah lampau, sebagai tambahan pengetahuan tentang budaya Islam dalam peradaban manusia sekaligus sumbangsih islam dalam kebudayaan dunia, dan untuk mendidik kita agar jangan sampai mengulangi kesalahan yang sama dengan yang dilakukan leluhur kita.

Sejarah Kebudayaan Islam dan Komponennya

Berikut adalah penjelasan rinci tentang definisi setiap komponen Sejarah Kebudayaan Islam:
·           Sejarah
Kata “sejarah” berasal dari bahasa Arab “syajarah” yang bisa diterjemahkan menjadi “pohon” atau “sebatang pohon”. Jadi definisi sejarah adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan pohon tersebut sejak awal mula pohon yang berupa benih hingga segala hasil yang bisa diperoleh dari pohon tersebut. Dengan kata lain sejarah adalah catatan terperinci tentang suatu hal mulai dari bermula hingga musnahnya hal tersebut.

·           Kebudayaan
Kata kebudayaan dihasilkan dari dua kata yaitu  “budi” dan “daya” atau “budidaya” yang artinya sebuah usaha untuk menghasilkan dan mengembangkan sesuatu dalam kehidupan untuk memperbaiki hidup dan mendapat manfaat. Kata “kebudayaan” artinya adalah semua usaha yang dilakukan oleh umat manusia untuk membuat dan mengembangkan segala sesuatu, baik dari hal yang sudah ada rintisannya atau pun menciptakan hal yang baru untuk memperbaiki kehidupan dan menghasilkan manfaat. 

·           Islam
Dalam bahasa asalnya, kata “Islam” berarti kepatuhan, ketundukan, atau penyerahan, dan Islam adalah agama yang diturunkan oleh Allah SWT melalui Rasulullah SAW dan nabi-nabi yang lain untuk membimbing umat manusia agar memperoleh kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat.

Definisi Sejarah Kebudayaan Islam

Jadi secara singkat, yang dimaksud dengan sejarah kebudayaan Islam adalah catatan mendetail tentang segala hal yang dihasilkan oleh umat Islam yang mendatangkan manfaat baik dalam kehidupan umat Islam sendiri secara khusus dan peradaban dunia secara umum.

Dengan mempelajari sejarah kebudayaan Islam kita akan lebih tahu dan lebih mengenal tentang Islam dan dengan demikian akan membuat kita semakin mencintai Islam. Dengan mempelajari sejarah kita akan mengenal tokoh-tokoh Islam dalam bidang kedokteran, matematika, astronomi, sastra, dan sebagainya yang buah pikirnya telah memberikan sumbangsih dalam kemajuan peradaban manusia di dunia.

Topik terkait : sejarah kebudayaan islam di dunia, sejarah kebudayaan islam dinasti abbasiyah, sejarah kebudayaan islam kelas 12, sejarah kebudayaan islam madrasah tsanawiyah, sejarah kebudayaan islam kelas 8, sejarah kebudayaan islam kelas 5, sejarah kebudayaan islam di arab, sejarah kebudayaan islam kelas 6.