Cerita Islami Untuk Membentuk Karakter Anak

cerita islami
Tahukah Anda bahwa pada usia dini adalah waktu yang paling tepat untuk membentuk karakter anak, menanamkan kebiasaan baik, dan menerapkan pola asuh yang tepat untuk mengoptimalkan seluruh aspek kecerdasan anak? Usia dini adalah masa yang tidak akan terulang kembali di sepanjang usia anak dan ini adalah waktu yang berharga untuk mengajarkan berbagai hal kepada anak termasuk menanamkan kebiasaan beribadah.

Sebagai orang tua muslim Anda dapat menggunakan sarana berupa cerita Islami untuk membentuk karakter religius pada buah hati Anda. Salah satu cara yang paling jitu untuk menanamkan cerita edukatif bernilai islami kepada anak adalah melalui dongeng sebelum tidur.

Cerita Islami melalui dongeng sebelum tidur

Pertama Anda dapat meletakkan buku-buku cerita Islami di rak buku anak atau di tempat-tempat yang mudah mereka capai agar anak akrab dengan bentuk dan gambarnya. Bila buah hati Anda belum dapat membaca, jadikan kegiatan membaca bersama sebagai hal yang menyenangkan bersama orang tua, atau Anda juga dapat membiasakan buah hati untuk dibacakan cerita menjelang tidur.

Cerita islami akan membantu si Kecil mengenali karakter baik dan pesan moral dalam cerita tersebut sehingga dapat menjadi teladan yang akan ditirunya dalam kehidupan sehari-hari. Kebiasaan membacakan dongeng juga mempunyai dampak positif lain bagi si Kecil, yaitu mempererat hubungan antara anak dan orang tua, terutama bila seharian Anda berada di kantor dan hanya bertemu dengan buah hati di saat ia akan tidur.

Kebiasaan membaca cerita islami bersama juga akan membuat si Kecil tertarik untuk mengenal huruf dan belajar membaca karena ia ingin membaca sendiri cerita yang selama ini ia dengarkan dari  Ayah atau Ibu. Untuk menanamkan karakter baik, Anda dapat menyisipkan nasehat-nasehat asalkan masih relevan dengan isi cerita.

Referensi cerita Islami

Sebagai referensi Anda dapat membacakan cerita Islami berupa kisah Rasulullah atau kisah nabi-nabi. Anda juga dapat mengangkat cerita tentang tokoh-tokoh atau pahlawan Islam bagi buah hati Anda seperti cerita Bilal, Ali, Abu Bakar, dan sebagainya. Jika ingin membacakan kisah-kisah jenaka, Anda dapat membacakan dongeng tentang Abu Nawas kepada si Kecil. Nah, mulai sekarang segera koleksi cerita anak yang bernuansa Islami.

Pencarian terkait: cerita islami yang menyentuh hati, cerita islami untuk anak-anak, cerita islami untuk anak, cerita islami tentang kesabaran, cerita islami para nabi, cerita islami berhikmah, cerita islami tentang kejujuran, cerita islami motivasi.